Aktor Legendaris Sidney Poitier Meninggal Dunia di Usia 94 Tahun

Aktor Legendaris Sidney Poitier Meninggal Dunia di Usia 94 Tahun
(Sydney Poitier. Getty Images)

Rolasnews.com – Aktor legendaris sekaligus aktivis kemanusiaan Sidney Poitier meninggal dunia di usia 94 tahun. Masih belum jelas penyebab kematian aktor kulit hitam pertama yang meraih Piala Oscar tersebut.

Sydney Poitier sebelumnya merupakan satu dari segelintir bintang dari masa keemasan Hollywood atau the Golden Age of Hollywood yang masih tersisa.

Read More

Poitier dikenal melalui film-filmnya seperti “The Defiant Ones”, “Lilies of the Field”, “Porgy and Bess”, “A Raisin in the Sun” dan “Guess Who’s Coming to Dinner”.

Berkat kemampuan aktingnya yang luar biasa, dia menerima tiga nominasi Academy Award, sepuluh nominasi Golden Globes, enam nominasi BAFTA, dua kali dinomnasikan di Emmy Awards dan masih banyak lagi penghargaan selama karirnya di dunia perfilman.

Tak hanya itu, aktor yang memiliki dua kewarganegaraan, AS dan Bahama, ini juga menjadi aktor kulit hitam pertama yang meraih Piala Oscar di tahun 1964 untuk kategori Aktor Terbaik dalam perannya sebagai Homer Smith di “Lilies of the Field”.

Sydney Poitier menerima Oscar tahun 1964
(Sydney Poitier kala meraih Oscar di tahun 1964. AP Photo)

Sydney Poitier lahir di Miami tanggal 20 Februari 1927, namun melalui masa kecil hingga beranjak dewasa di Bahama.

Poitier bergabung di Angkatan Darat AS selama Perang Dunia II. Seusai perang, dia memulai karir aktingnya di American Negro Theater.

Tak butuh waktu lama bagi Poitier untuk menjadi aktor terkenal di tahun 1950an. Beberapa filmnya seperti “A Raisin in the Sun”, “Guess Who’s Coming to Dinner” dan “In the Heat of the Night”, banyak disorot karena menyinggung persoalan rasial yang masih tabu kala itu.

Selain karir cemerlangnya di dunia perfilman, Poitier juga dihormati karena aktif memperjuangkan hak-hak sipil dan kesetaraan ras.

Memegang kewarganegaraan Bahama, Poitier pernah ditunjuk menjadi duta besar negara itu untuk Jepang dari tahun 1997 hingga 2007.

SUMBER

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.