Diresmikan, Masjid Al Hikmah Siap Jadi Pusat Peribadatan dan Peradaban Mahasiswa UM

(Rektor UM, Prof. Dr. AH. Rofi'uddin, M.Pd. menandatangani prasasti peresmian Gedung Penunjang Pembelajaran Masjid Al Hikmah.credit: ANC)
(Rektor UM, Prof. Dr. AH. Rofi'uddin, M.Pd. menandatangani prasasti peresmian Gedung Penunjang Pembelajaran Masjid Al Hikmah.credit: ANC)

Rolasnews.com – Menutup tahun 2021, Universitas Negeri Malang (UM) meresmikan Gedung Penunjang Pembelajaran Masjid Al Hikmah yang telah rampung masa pembangunannya selama 280 hari kalender terhitung mulai 8 Maret – 12 Desember 2021. Berbagai fasilitas penunjang disiapkan guna menjadikan Masjid ini bukan hanya sebagai pusat peribadatan tetapi juga pusat peradaban.

(Tampak luar bamgunan Masjid Al-Hikmah. credit : ANC)
(Tampak luar bamgunan Masjid Al-Hikmah. credit : ANC)

Rektor UM, Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M.Pd. menyampaikan, Masjid Al-Hikmah berdiri diatas tanah seluas 9.000 meter persegi dengan luas bangunan: 8.580 meter persegi.
Menghabiskan biaya Rp. 64.941.000.000.

Read More

“Alhamdulillah pembangunan Masjid Al-Hikmah berjalan lancar dan selesai sesuai target 280 hari kalender,” ujarnya usai acara peresmian, Jumat (31/12/2021).

Menurutnya, Masjid Al-Hikmah nantinya akan menjadi sarana pembelajaran bagi mahasiswa UM khususnya yang berkaitan mata kuliah Agama Islam dimana mereka setiap Sabtu seluruh peserta mata kuliah ribua mahasiswa akan berada di sini.
Itulah yang membuat UM menyegerakan pembangunan masjid ini untuk bisa memperkuat pembelajaran agama Islam sekaligus menanamkan religiusitas dan kecerdasan spiritual melalui pembelajaran.

(Rektor UM, Prof. Dr. AH. Rofi'uddin, M.Pd. memotong pita peresmian Gedung Penunjang Pembelajaran Masjid Al Hikmah. credit : ANC)
(Rektor UM, Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M.Pd. memotong pita peresmian Gedung Penunjang Pembelajaran Masjid Al Hikmah. credit : ANC)

“Ini alatnya, ini medianya, ini tempatnya maka saya sebut Masjid ini bukan hanya untuk ibadah saja tetapi juga untuk mengembangkan peradaban. Jadi selain sebagai pusat peribadatan, juga sebagai pusat peradaban di UM,” terangnya.

Disampaikan Prof. Rofi’uddin, Masjid Al-Hikmah didesain untuk dapat menampung 7.424 jamaah, yang mayoritas merupakan mahasiswa UM. Selain ruang utama Masjid, masjid ini juga dilengkapi dengan ruang ketakmiran, ruang perpustakaan, ruang Study Al-qur’an, ruang seni budaya Islam, ruang Pendalaman Kitab Suci, tempat Wudlu laki-laki dan perempuan terpisah, area Plaza dan area parkir.

(Rektor UM, Prof. Dr. AH. Rofi'uddin, M.Pd. beserta jajaran meninjau bagian dalam Masjid Al-Hikmah. credit: ANC)
(Rektor UM, Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M.Pd. beserta jajaran meninjau bagian dalam Masjid Al-Hikmah. credit: ANC)

Tidak lupa fasilitas seluruh kepentingan IT seperti audio, video, siaran, CCTV, juga sudah disiapkan.
“Intinya tidak boleh masjid itu tidak mengikuti tuntutan jaman. Sehingga saya menyebut Masjid ini sebagai Smart Mosque,” tandasnya.

Sementara itu, selain meresmikan Gedung Penunjang Pembelajaran Masjid Al Hikmah, juga dilakukan peresmian Gedung Sekretariat ORMAWA ( Gedung UKM), dan Gedung Bistrovia (Teaching Restaurant).

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.