XL Axiata, Operator Seluler Ketiga yang Diberi Ijin Layani Jaringan 5G

  • Whatsapp
XL Axiata, Operator Seluler Ketiga yang Diberi Ijin Layani Jaringan 5G
(Menkominfo Johnny G. Plate dan CEO XL Axiata Dian Siswarini mencoba layanan jaringan telekomunikasi 5G, Kamis (12/8). Credit: Kominfo)

Rolasnews.com – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) memberikan Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) jaringan telekomunikasi 5G untuk PT XL Axiata Tbk. Artinya, perusahaan telekomunikasi tersebut resmi diberikan izin menggunakan jaringan telekomunikasi kecepatan tinggi itu.

Dengan begitu, operator seluler ini, merupakan perusahaan telekomunikasi ketiga yang diizinkan pemerintah melakukan pelayanan jaringan telekomunikasi 5G di tanah air.

Read More

“Hari ini Kita bersama-sama menyambut keikutsertaan PT XL axiata Tbk yang baru saja mendapatkan surat keterangan uji laik operasi SKLO jaringan 5G,” kata Menteri Kominfo Johnny Gerard Plate melalui siaran virtual yang ditayangkan Kominfo TV pada Kamis (12/8).

Landasan hukum yang mendasari keputusan di atas, termaktub dalam perundangan Cipta Kerja beserta turunannya yakni Peraturan Menteri Kominfo Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Telekomunikasi dan Peraturan Menteri Kominfo Nomor 46 Tahun 2021 tentang Pos, Telekomunikasi, dan Penyiaran (Postelsiar).

Perusahaan tersebut, lanjut dia, telah memenuhi serangkaian uji kelayakan yang dilakukan oleh Kementerian Kominfo. Dengan begitu, sesuai dengan dua aturan tersebut, maka operator seluler itu berhak menggelar jaringan 5G di tanah air.

“Beberapa hari yang lalu setelah pelaksanaan uji kelayakan operasi pada 3 sampai 5 Agustus 2021. Setelah selesainya langsung diterbitkan surat keterangan SKLO,” tuturnya dikutip Infopublik.

Nantinya, perusahaan seluler itu akan menggunakan pita frekuensi 1800 Megahertz (Mhz) atau 1,8 Gigahertz (GHz). Dengan pita lebar frekuensi tersebut mencapai 20 Mhz dari rentang 1807,5 MHz hingga 1827,5 Mhz dalam beberapa waktu ke depan.

Baca Juga :

Gandeng Nokia dan Indosat, ITS Bakal Bangun 5G Experience Center

Kemenkominfo, juga akan memberikan PT XL Axiata Tbk mengimplementasikan teknologi netral dalam melayani jaringan kecepatan tinggi di atas. Sehingga, perusahaan itu dapat menggunakan berbagai teknologi terkini yang optimal dalam memberikan pelayanan 5G kepada masyarakat.

“Operator seluler diberikan keleluasaan untuk memilih pilihan teknologi seluler terbaru dalam pemanfaatan pita frekuensi spektrum jaringan 5G,” imbuhnya.

Dengan begitu, diharapkan, adanya jaringan kecepatan tinggi 5G dapat memberikan dampak positif bagi Indonesia di masa mendatang. Sehingga, muncul berbagai peluang perekonomian digital yang dapat berkembang secara signifikan dengan memanfaatkan jaringan telekomunikasi tersebut.

“Meramaikan industri telekomunikasi seluler nasional kita. Dan lebih membuka ruang dan peluang ekonomi digital kita, di masa sekarang dan masa yang akan datang,” pungkasnya. (TON)

Related posts

Link Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *