Tim Pengabdian Masyarakat UM Gelar Workshop Pengembangan Media Pembelajaran Video untuk Guru PAUD

Tim Pengabdian Masyarakat UM Gelar Workshop Pengembangan Media Pembelajaran Video untuk Guru PAUD
(Workshop pengembangan pembelajaran melalui media video untuk para guru PAUD di KB/TK Laboratorium Universitas Negeri Malang (UM), Kamis (1/7). Photo Courtesy : ANC/Rolasnews)
Rolasnews.com – Bertempat di KB/TK Laboratorium Universitas Negeri Malang (UM), tim Pengabdian Masyarakat PNBM UM menggelar Workshop Pengembangan Media Pembelajaran Video untuk Pendidikan Anak Usia Dini, kepada belasan guru PAUD, Kamis (1/7/2021). Kegiatan ini diselenggarakan sebagai salah satu perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi berupa pengabdian masyarakat.

Ketua Pengabdian Masyarakat sekaligus Dosen Pendidikan Seni Rupa UM, Denik Ristya Rini S.Pd, M.Pd, mengatakan, saat ini di masa pandemi COVID-19, semua proses pembelajaran mau tidak mau harus dilakukan secara daring. Karenanya, para guru dituntut untuk lebih kreatif dalam menyajikan materi-materi pembelajaran dalam bentuk video.

Berangkat dari kondisi tersebut, kelompok Pengabdian Masyarkat PNBM UM yang beranggotakan Retno Tri W., S.Pd. M.Pd. dan Agnisa Maulani Wisesa S.Sn. MA ini, mengadakan pelatihan pembelajaran berbasis digital guna meningkatkan kualitas media pembelajaran untuk PAUD.

Read More

“Jadi tim kami memberikan pelatihan terkait pengembangan media pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum PAUD itu seperti apa, khususnya dalam pembuatan video yang menarik. Karena hal ini sangat berkaitan erat dengan kapabilitas guru KB/TK yang menjadi garda depan pembelajaran usia dini,” jelasnya.

Selain memberikan pelatihan, Denik mengaku timnya saat ini tengah mengembangkan media pembelajaran dengan konsep virtual zoo yang menggunakan teknologi Augmented Reality.

“Jadi kalau biasanya di situasi normal non pandemi, anak-anak bisa diajak untuk mengenal hewan secara langsung. Tapi dengan media pembelajaran ini, mereka bisa mengenal hewan secara tiga dimensi melalui Augmented Reality,” sebutnya. Sekarang masih dalam pengembangan, nanti akan kita uji cobakan di KB/TK  Lab UM ini juga,” imbuhnya.

Sementara itu kepala sekolah KB/TK  Lab UM, Rahayu Ashari, mangatakan, para guru di sekolahnya sangat antusias mengikuti pelatihan yang diberikan kelompok Pengabdian Masyarkat PNBM UM. Apalagi saat ini guru memang dituntut kreatif dalam memberikan materi sekaligus penyampaian yang menarik di masa pembelajaran online.

“Materi pelatihannya sangat cocok sekali, apalagi berkaitan dengan pembuatan video pembelajaran melalui aplikasi. Ini penting bagi para guru agar nantinya bisa membuat video yang menarik sehingga anak-anak tidak bosan saat mengikuti pelajaran,” tuturnya.

Denik dan Rahayu
(Ketua Tim Pengabdian Masyarakat UM, Denik Ristya Rini dan Kepsek KB/TK Lab UM, Rahayu Ashari. Photo Courtesy : ANC/Rolasnews)

Baca Juga :

Walikota Malang : Pembelajaran STEAM, Latih Anak Berpikir Kritis

Menurutnya, pembelajaran melalui zoom maupun video sudah dilakukan sejak tahun lalu dan terus berjalan karena memang kondisi covid yang semakin meningkat sehingga kita harus menerapkan blended learning.

“Beberapa waktu yang lalu KB/TK Lab UM juga mendapatkan kesempatan dari Dinas Pendidikan Kota Malang untuk menjadi pilot project Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas. Bahkan kami juga terpilih mewakili untuk shoting video praktik baik pelaksanaan PTM oleh Direktorat Jenderal PAUD,” ucapnya.

Foto bersama Tim Abmas UM dengan peserta pelatihan
(Foto bersama Tim Pengabdian Masyarakat UM dengan peserta pelatihan. Photo Courtesy : ANC/Rolasnews)

Saat ini pihaknya masih terus mengikuti perkembangan dari peraturan pemerintah.

“Nanti kalau misal ada keputusan untuk daring dulu, ya kami akan mengikuti,” ujar Rahayu.

“Tapi ketika memang belum ada peraturan itu, kita tetap melaksanakan PTM terbatas,” tandasnya. (ANC)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *