Mahasiswa UMM Bantu Warga Desa Toyomarto Perbaiki Kolam Wisata Pentungansari

  • Whatsapp
Mahasiswa UMM Bantu Warga Desa Toyomarto Perbaiki Kolam Wisata Pentungansari
(Mahasiswa UMM Kelompok 88 Bhaktimu Negeri Gelombang 14 melakukan kegiatan pengabdian masyarakat di Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. Photo Courtesy : Ist)
Rolasnews.com – Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) kembali melakukan Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) di Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. Kegiatan yang dinaungi Direktorat Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat UMM tersebut bertujuan untuk membantu memperbaiki dan memperindah Kolam Wisata Pentungansari.

Kegiatan PMM di Desa Toyomarto ini dilakukan oleh Kelompok 88 Bhaktimu Negeri Gelombang 14. Mereka membantu warga desa mempercantik Kolam Wisata Pentungansari yang sudah eksis sejak 4 tahun lalu.

Kehadiran mahasiswa UMM disambut baik warga karena roda perekonomian masyarakat Desa Toyomarto sangat terdampak pandemi. Banyak aktivitas ekonomi warga yang tidak berjalan sebagaimana mestinya.

Read More

Namun demikian, bukan berarti potensi wisata yang ada di Desa Toyomarto ini tidak dapat digunakan dengan baik. Oleh karena itu Kelompok 88 Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Bhaktimu Negeri gelombang 14 membantu pengelola wisata Pentungansari memperbaiki dan dengan berbagai program kerja yang telah disusun.

Salah satu program kerja yang dilakukan adalah membuat taman kecil pada lahan yang kosong dan tidak terurus agar lebih elok untuk dilihat.

Pak Roni selaku penanggungjawab Wisata Pentungansari mendukung penuh kegiatan ini karena pengelolaan taman pada tempat wisata masih terbilang kurang karena keterbatasan SDM dan juga dana.

“Halah, Mas, kami di sini terserah panjenengan-panjenengan mau ditanami di mana. Toh di sini memang masih banyak lahan yang belum dimanfaatkan,” ujarnya saat ditanya lahan mana yang akan ditanami.

Pengabdian Masyarakat Mahasiswa UMM di Desa Toyomarto-2

Pengabdian Masyarakat Mahasiswa UMM di Desa Toyomarto-1
(Para mahasiswa UMM memperbaiki dan memperindah aset warga desa berupa Kolam Wisata Pentungansari. Photo Courtesy : Ist)

Program kerja lainnya adalah membuat video profil desa yang diambil dan diedit oleh tim mahasiswa sendiri.

“Dengan demikian suatu saat jika pengelola Kolam Wisata Pentungansari ingin memperluas pangsa pasarnya, maka tidak perlu repot-repot untuk membuat video lagi,” kata Nevin Raditya, salah seorang mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan pengabdian masyarakat.

Selain itu, sistem ticketing dari Pentungansari sendiri pun terbilang masih sederhana. Biasanya hanya dengan membayar pada saat parkir sebesar Rp 4.000 tapi tidak diberikan tanda bukti telah bayar sehingga membuat rancu antar yang belum dan sudah bayar.

“Karena itu kami membuat stempel sebagai tanda ketika telah bayar maka hanya perlu dicap pada pergelangan tangan saja,” imbuh Nevin.

KKN di Jombang, ITS Ciptakan Alat Otomasi Kelembaban dan Suhu Budidaya Jamur Tiram

Respon masyarakat pada mahasiswa UMM sangat baik karena membantu dan memberikan tenaga tambahan untuk perbaikan Kolam Wisata Pentungansari.

Respon positif pada kegiatan mahasiwa UMM di Desa Toyomarto
(Selain warga, mahasiswa UMM juga mendapat sambutan hangat dari perangkat Desa Toyomarto. Photo Courtesy : Ist)

Kelompok yang mengadakan kegiatan ini berjumlah lima orang, yakni Adrian Felix Sanyoto, Nevin Raditya, Lutfiana Sausan, Nugroho Dimas, dan Mochamad Sidiq Waluyo Jati.

Kelimanya merupakan mahasiswa Teknik Industri, Universitas Muhammadiyah Malang. Dengan Dosen Pembimbing Lapang yaitu Nur Putri Hidayah A.Md., S.H., M.H. (*)

*Artikel sumbangan dari Nevin Raditya.

Related posts

Link Iklan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *