Gitaris Eddie Van Halen Tutup Usia

  • Whatsapp
Gitaris Eddie Van Halen Tutup Usia
(Meski bukan penemunya, Eddie Van Halen adalah yang mempopulerkan teknik tapping dalam bermain gitar. Foto : Ultimate Classic Rock)
Link BannerLink Banner
Rolasnews.com – Gitaris Eddie Van Halen, meninggal dunia, hari Selasa sore (6/10), waktu setempat. Gitaris legendaris itu menghembuskan nafas terakhirnya di usia 65 tahun akibat kanker.

Kabar menyedihkan bagi pecinta musik, khususnya musik rock, ini diumumkan oleh putranya, Wolf Van Halen melalui akun twitternya.

“Rasanya tak percaya saya harus menulis ini. Tapi ayah saya, Edward Lodewijk Van Halen, telah kalah dalam pertempuran panjang dan sulit melawan kanker pagi ini. Ia adalah ayah terbaik bagi saya. Setiap momen bersamanya di dalam dan di luar panggung adalah karunia,” cuit Wolf Van Halen.

Read More

Link Banner Link Banner

Edde Van Halen lahir di Nijmegen, Belanda, 26 Januari 1956. Keluarganya pindah ke Pasadena, California, AS, delapan tahun kemudian.

Bersama saudara kandungnya, Alex, ia membentuk band yang juga mengambil nama famililnya, Van Halen, di tahun 1972. Setelah itu mereka merekrut bassis Michael Anthony dan vokalis David Lee Roth untuk bergabung dalam band.

“Dance the Night Away” di tahun 1979 merupakan lagu yang menjadi tonggak awal kesuksesan band di belantara musik cadas. Band mencapai puncak popularitas setelah merilis album keenam di tahun 1984 dengan hits-hits seperti “Jump”, “Panama” dan “Hot for Teacher”.

Roth cabut dari band di tahun 1985 untuk memulai karir solonya. Posisinya sebagai vokalis kemudian digantikan Sammy Hagar.

Hagar menulis dalam akun twitternya bahwa ia “amat sedih” dan “tak mampu berkata apa-apa”, begitu mendengar berita wafatnya gitaris yang mempopulerkan teknik tapping tersebut.

Mengingat kiprahnya yang sangat berpengaruh terhadap musik rock dunia, Van Halen dinobatkan menjadi salah satu band legendaris dalam Rock and Roll Hall of Fame di tahun 2007. (TON)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *