Wisuda Pertama UM Setelah Berstatus PTNBH, Bakal Digelar Secara Luring

(Gladi Bersih wisuda UM ke-110. credit: ANC)
(Gladi Bersih wisuda UM ke-110. credit: ANC)

Rolasnews.com – Universitas Negeri Malang (UM) bakal kembali menggelar wisuda pada akhir pekan ini. Sebanyak 600 wisudawan dijadwalkan akan mengikuti prosesi wisuda periode ke-110 secara full luring di Graha Cakrawala, Sabtu (19/3/2022).

Wakil Rektor III UM, Dr. Mu’arifin, M.Pd, menjelaskan bahwa pelaksanaan wisuda yang akan digelar esok hari sebenarnya merupakan wisuda tunda yang seharusnya dilaksanakan pada bulan Februari.

Read More

“Seharusnya pelaksanaan wisuda ini sudah dilaksanakan pada bulan Februari lalu. Tapi karena ada kasus Omicron akhirnya wisuda harus ditunda. Sedangkan ijazah sudah diserahkan kepada masing-masing wisudawan,” jelasnya saat menghadiri acara gladi bersih wisuda di Graha Cakrawala, Jumat (18/3/2022).

Namun karena sekarang kasus Omicron sudah melandai, sehingga UM memutuskan untuk kembali menggelar wisuda yang sempat tertunda itu. Hanya saja, dari 853 orang yang awalnya akan diwisuda, hanya 600 orang yang berkenan untuk diwisuda besok.

“Mungkin mereka yang tidak berkenan mengikuti wisuda ini berpikir bahwa momentumnya sudah hilang. Apalagi mereka sudah memegang ijazah,” ucapnya.

(Wakil Rektor III UM, Dr. Mu’arifin, M.Pd,. credit: ANC)
(Wakil Rektor III UM, Dr. Mu’arifin, M.Pd,. credit: ANC)

Lebih lanjut disampaikan Mu’arifin, berbeda dengan wisuda-wisuda sebelumnya yang dilakukan secara hibrid, pelaksanaan wisuda kali ini akan dilaksanakan secara full luring atau tatap muka dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Supaya tidak terjadi kerumunan, prosesi wisuda dibagi menjadi dua sesi yakni pada hari Sabtu dan hari Minggu. Dimana setiap sesi hanya diikuti 300 wisudawan dan dilaksanakan maksimal hanya 2 jam,” ungkapnya.

Orangtua boleh datang ke UM tapi tidak boleh masuk ruangan mendampingi wisudawan. Dan UM sudah menyiapkan lahan parkir, masjid dan juga halaman graha rektorat untuk menyebar keluarga para wisudawan.

“Jadi tidak boleh ada keluarga yang mendampingi wisudawan dalam ruangan,” sebutnya.

Selain itu, pelaksanaan wisuda periode ke-110 ini merupakan wisuda pertama setelah UM berstatus PTNBH. Sehingga ada sedikit perubahan dalam pelaksanaan prosesi wisuda.

“Kalau dulu karena UM masih berstatus BLU, sehingga yang membuka wisuda adalah senat. Tapi sekarang setelah UM berubah status menjadi PTNBH, jadi besok yang membuka dan menutup wisuda adalah Rektor,” terangnya.

Sementara itu disebutkan, total jumlah wisudawan yang terdaftar dalam wisuda ke-110 ini sebanyak 853 orang, dengan jumlah lulusan yang mencapai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) lebih besar dari 2,75 pada program Diploma dan Sarjana sebanyak 759 orang (99,22%).

Sedangkan predikat yudisium kelulusannya, sebagai berikut Dengan Pujian sebanyak 517 orang (67,58%); Sangat Memuaskan sebanyak 242 orang (31,63%); dan Memuaskan sebanyak 6 orang (0,78%).

Untuk program Magister dan Doktor, predikat yudisium kelulusannya adalah sebagai berikut: Dengan Pujian sebanyak 66 orang (75,00%); Sangat Memuaskan sebanyak 21 orang (23,86%); dan Memuaskan sebanyak 1 orang (1,14%).

Dari jumlah lulusan wisuda ke-110 di atas, 4 (empat) orang berhasil lulus dengan prestasi terbaik bidang akademik tingkat universitas, yaitu lulusan dengan IPK tertinggi dan lama studi tepat waktu pada suatu jenjang pendidikan.

Nama-nama keempat lulusan tersebut yaitu:

– Program Diploma III: Angga Puji Rahayu, A.Md, putri Bapak Maryani dan Ibu Siti Khoiriyah; IPK = 3,87; lama studi 6 semester; Program Studi D3 Manajemen Pemasaran, Fakultas Ekonomi (FE); yudisium Dengan Pujian.

– Program Sanana: Sartika Dewi Lukitawanti, S.Pd, putri Bapak Eko Iwan Marwanto dan Ibu Ratna Satria Nugraheni; IPK = 3,58; lama studi 7 semester; Program Studi S1 Pendidikan Fisika, Fakultas MIPA; yudisium Dengan Pujian.

– Program Magister: Nurul Ahillah, M.Pd, putri dari Bapak Moh. Nur Qomari dan Ibu Maf’ula; IPK = 4,00; lama studi 4 semester; Program Studi S2 Pendidikan Biologi, Fakultas MIPA; yudisium Dengan Pujian.

– Program Doktor: Dr. Sirajuddin, putra dari Bapak Tajuddin, S.Ag dan Ibu Nurhayati; IPK = 3,66; lama studi 8 semester; Program Studi S3 Pendidikan Matematika, Fakultas MIPA, yudisium Sangat Memuaskan.

Sedangkan untuk lulusan dengan prestasi terbaik bidang non akademik tingkat universitas, diraih oleh Hafizah Islami Rahmadina, SE; Program Studi S1 Manajemen, Fakultas Ekonomi (FE).

Dengan demikian, UM telah meluluskan sebanyak 141.112 orang; terdiri dari 2.102 orang lulusan program Doktor 10.967 orang lulusan program Magister; 91.739 orang lulusan program Sarjana, 16.593 orang lulusan program Diploma III; 1.698 orang lulusan PPG; dan 18.013 orang lulusan program Non Gelar.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.