Paska Insiden Kerusakan Mesin, Puluhan Boeing 777 Dilarang Terbang

  • Whatsapp
Paska Insiden Kerusakan Mesin, Puluhan Boeing 777 Dilarang Terbang
(Akibat kerusakan mesin yang dialami United Airlines, seluruh pesawat Boeing 777 yang menggunakan mesin Pratt & Whitney seri 4000 harus digrounded. Photo Courtesy : © Hayden Smith/EPA-EFE/Shutterstock)
Rolasnews.com – Puluhan Boeing 777 miliki maskapai penerbangan di Amerika Serikat dan Jepang harus digrounded atau dilarang terbang paska insiden kerusakan mesin yang dialami United Airlines akhir pekan lalu. Penerbangan 328 United menuju Honolulu terpaksa tak bisa dilanjutkan dan harus kembali ke Denver akibat mesin mengalami kerusakan tak lama setelah lepas landas .

Dari investigasi awal Dewan Keselamatan Transportasi Nasional, ada kerusakan fan blade engine pada pesawat Boeing 777 tersebut.

The Federal Aviation Administration (FAA) yang merupakan regulator penerbangan sipil di AS, segera menerbitkan kebijakan kelaikan udara darurat yang mewajibkan “inspeksi langsung atau lanjutan terhadap pesawat Boeing 777 yang dilengkapi dengan mesin Pratt & Whitney PW4000”.

Read More

Link Banner

FAA menyatakan inspeksi ini bisa berujung pada dilarangnya pesawat tersebut mengudara.

“Kami melakukan pemeriksaan ulang semua data keamanan yang ada setelah insiden kemarin,” kata adminstrator FAA, Steve Dickson, dalam pernyataan resmi.

“Berdasarkan informasi awal, kami menyimpulkan bahwa interval pemeriksaan harus ditingkatkan pada fan blade engine berlubang yang unik pada model mesin ini, yang hanya digunakan pada pesawat Boeing 777,” imbuh Dickson.

Mengikuti FAA, Biro Penerbangan Sipil Jepang juga memerintahkan Japan Airlines (JAL) dan All Nippon Airways (ANA) untuk menghentikan layanan pesawat mereka yang menggunakan mesin yang sama.

Dilansir Reuters, JAL mengoperasikan 14 pesawat dan ANA 19 pesawat, yang menggunakan mesin Pratt & Whitney.

Dari pihak Boeing sendiri, sebagaimana dikutip The Wall Street Journal, meminta maskapai penerbangan yang menggunakan mesin Pratt & Whitney untuk menggrounded (melarang terbang) semua pesawatnya.

Sebagai informasi, ada 182 pesawat yang menggunakan mesin buatan Pratt & Whitney, termasuk yang mengalami kerusakan mesin di Denver.

Tim Gabungan Temukan Bagian Pesawat Sriwijaya SJ 182

Sementara itu, United Airlines menyatakan akan legowo mengapkir 24 pesawat Boeing 777 yang menggunakan mesin Pratt & Whitney seri 4000. Maskapai tersebut berharap “hanya sejumlah kecil pelanggan yang merasa tidak nyaman”.

Tidak ada yang cedera pada penerbangan United 328 dari Denver menuju Honolulu. Begitu mesin mengalami kerusakan setelah lepas landas, pesawat langsung diarahkan balik dan mendarat dengan selamat di Denver. (TON)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *