Unitri Segera Resmikan Agrotechnopark dan Sainstechnopark

Unitri Segera Resmikan Agrotechnopark dan Sainstechnopark
(Kampus Unitri di Jl. Telaga Warna, Tlogomas, Kec. Lowokwaru, Kota Malang. Credit: ANC)

Rolasnews.com – Tidak lama lagi Universitas Tribhuana Tunggadewi (Unitri) di pertengahan bulan Maret akan meresmikan dua tempat yakni Agrotechnopark dan Sainstechnopark.

Wakil Rektor 3, Dr. Totok Sasongko, MM, mengatakan, untuk Sainstechnopark lokasinya berada tidak jauh dari kampus utama Unitri, kurang lebih 400-500 meter.

Read More

“Nantinya semua laboratorium akan diletakkan di Sainstechnopark yang luasannya kurang lebih sama dengan kampus utama Unitri,” jelasnya dalam acara gatering bersama media di gedung Rektorat Unitri, Selasa (22/2/2022).

“Sedangkan untuk Agrotechnopark lokasinya berada di daerah Wagir, Kabupaten Malang, dengan luasan 9 hektar,” imbuhnya.

Menurut Totok, bagi kampus lain khususnya kampus negeri, membangun kampus 2 dan 3 adalah sesuatu yang biasa saja. Tetapi bagi Unitri, hal ini luar biasa karena Unitri adalah kampus swasta.

“Apalagi mahasiswa Unitri 50 persennya merupakan mahasiswa beasiswa bebas SPP. Tapi kami mampu membuat sebuah kawasan Agrotechnopark dan Sainstechnopark,” ungkapnya.

Disampaikan Totok, dalam membangun kawasan Agrotechnopark dan Sainstechnopark, semua dilakukan secara mandiri. Mulai dari perencanaan, dimana mampu membeli tanah, digunakan untuk apa, darimana uangnya, semua dilakukan sendiri dalam kondisi mahasiswa 50 persen mendapatkan beasiswa bebas SPP.

“Di perguruan tinggi swasta yang lain mungkin mampu mengembangkan seperti itu. Tapi mereka lebih mudah karena segmen pasarnya adalah mahasiswa yang ekonominya baik dan jumlah mahasiswanya banyak. Jadi kalau hanya membeli lahan 9-10 hektar, sangat mudah. Tapi bagi kami itu menjadi perjuangan yang besar,” akunya.

Wakil rektor Unitri dan dosen
(Wakil Rektor III Unitri mengatakan pembangunan Agrotechnopark dan Sainstechnopark di Unitri dilakukan semuanya dilakukan secara mandiri. Credit: ANC)

Lebih lanjut, Wakil Rektor 1, Prof. Dr. Ir. Widowati, MP menjelaskan, di kawasan Agrotechnopark nantinya akan digunakan untuk pelatihan sekolah konsentrasi lapangan. Karena Unitri mempunyai konsep untuk menyelenggarakan pelatihan konservasi lapangan.

“Jadi disana itu dirancang bangunan-bangunan untuk kegiatan konservasi, baik itu terasering maupun tempat penanaman tanaman pohon,” jelasnya.

Tidak hanya itu, di Agrotechnopark juga terdapat asrama mini untuk mahasiswa ataupun para tenaga pekerja. Kemudian ada juga kantor dan pendopo.

“Bahkan disana kita juga mempersiapkan desa mandiri Pancasila dalam satu kawasan daerah konservasi,” pungkasnya. (ANC)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *